Sejarah Kota Surabaya

Menurut website resmi Pemkot. Surabaya www.surabaya.go.id, cerita Sejarah Kota Surabaya kental dengan nilai kepahlawanan. Sejak awal berdirinya, kota ini memiliki sejarah panjang yang terkait dengan nilai-nilai heroisme. Istilah Surabaya terdiri dari kata sura (berani) dan baya (bahaya), yang kemudian secara harfiah diartikan sebagai berani menghadapi bahaya yang datang. Nilai kepahlawanan tersebut salah satunya mewujud dalam peristiwa pertempuran antara Raden Wijaya dan Pasukan Mongol pimpinan Kubilai Khan di tahun 1293. Begitu bersejarahnya pertempuran tersebut hingga tanggalnya diabadikan menjadi tanggal berdirinya Kota Surabaya hingga saat ini, yaitu 31 Mei.

Heroisme masyarakat Surabaya paling tergambar dalam pertempuran 10 Nopember 1945. Arek-arek Suroboyo, sebutan untuk orang Surabaya, dengan berbekal bambu runcing berani melawan pasukan sekutu yang memiliki persenjataan canggih. Puluhan ribu warga meninggal membela tanah air. Peristiwa heroik ini kemudian diabadikan sebagai peringatan Hari Pahlawan. Sehingga membuat Surabaya dilabeli sebagai Kota Pahlawan.

Sejarah Surabaya juga berkaitan dengan aktivitas perdagangan. Secara geografis Surabaya memang diciptakan sebagai kota dagang dan pelabuhan. Surabaya merupakan pelabuhan gerbang utama Kerajaan Majapahit. Letaknya yang dipesisir utara Pulau Jawa membuatnya berkembang menjadi sebuah pelabuhan penting di zaman Majapahit pada abad ke – 14.

Berlanjut pada masa kolonial, letak geografisnya yang sangat strategis membuat pemerintah Kolonial Belanda pada abad ke – 19, memposisikannya sebagai pelabuhan utama yang berperan sebagai collecting centers dari rangkaian terakhir kegiatan pengumpulan hasil produksi perkebunan di ujung Timur Pulau Jawa, yang ada di daerah pedalaman untuk diekspor ke Eropa.

Surabaya banyak mempunyai tempat-tempat bersejarah yang terawat dan bisa menjadi kenangan untuk napak tilas, pengetahuan serta sarana rekreasi keluarga kita. Diantaranya gedung Niaga di jl. Pahlawan, gedung RRI di jl. Pemuda, gedung Pertamina di jl. Niaga, gedung Siola & Hotel Mojopahit di jl Tunjungan, dan masih banyak lagi tempat-tempat bersejarah yang bisa kita temui di kota Surabaya.

Saat ini kota Surabaya dikenal sebagai kota taman dan sering mendapat penghargaan baik tingkat Nasional ataupun Internasional. Beberapa taman yang saat ini sudah ada dan menjadi sarana rekreasi warga adalah Taman Bungkul di jl. Darmo, Taman Mundu terletak di jl. Tambak Sari , Taman Flora di jl. Kebun Bibit, Taman Balaikota di jl. Walikota Mustajab, Taman Mpu Tantular di dekat kebun binatang Surabaya, Taman Apsari di jl. Gubernur Suryo, Taman-taman Monumen yaitu monumen-monumen yang dihiasi dengan aneka bunga taman yang cantik salah satunya adalah Taman Bambu Runcing, Taman Jayengrono, ada juga Taman untuk Skate dan BMX terletak dekat Ketabang Kali. Masih banyak taman-taman yang saat ini tersebar seantero kota Surabaya, dan Pemkot Surabaya masih terus menambah jumlah taman-taman… Luar Biasa.

Rasa tidak lengkap jika kita ke Surabaya tanpa menikmati makanan khasnya, ada Rujak Cingur, Tahu Tek, Pecel Semanggi, Lontong Balap, Sate Kol. Hem…. dijamin ketagihan datang lagi ke Surabaya

Salam……….Arek Surabaya.. Badut Surabaya selalu dihati………

 

 

Incoming search terms:

  • badut surabaya 2015

About badut ultah

Kak Agung Tahun 2000 – sekarang aktif dalam aktifitas hiburan badut. Sering juga sebagai MC acara-acara formal, misal: Pesta Natal, Paskah, kegiatan-kegiatan sekolah, dll Prinsip Kerja : Disiplin, Jujur, Profesional dan Bertanggungjawab. Hobby : Bernyanyi, Membantu Teman. Kami bersama team Alga Badut Surabaya, ingin memberikan hiburan dan layanan yang terbaik dengan harga yang terjangkau, dalam bentuk sulap dan atraksi badut Silahkan hub. Alga Badut Surabaya Sidoarjo di telp. 081233591201 (WA), 087751545835, atau email kami di alga_clown@yahoo.co.id